Pasar Dongko Edukasi Pemberdayaan Masyarakat dan Bebas Sampah

  • Whatsapp
Dedie A.Rachim berpose bersama di Pasar Dongko

jurnalbogor.com – Wakil Walikota Dedie A.Rachim mengunjungi Pasar Dongko, Tanah Baru, Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (11/2/2024). Pasar yang telah eksis hampir 5 tahun ini diapresiasi Dedie Rachim bisa menjadi contoh pemberdayaan masyarakat di lingkungan RW.

Dedie A.Rachim di Pasar Dongko

“Dari 800-an RW sedikit saja yang bisa melakukan upaya pemberdayaan terhadap masyarakat. Pasar Dongko ini bagus bisa jadi contohlah,” ucapnya.

Pasar ini juga telah bisa menjaga kebersihan lingkungan meskipun berada di pinggir sungai yang biasanya tidak terawat.

“Bahkan kedepan bisa dibuat Satgas Sungai dibawah RW agar sungai-sungai di Kota Bogor ini bersih,” kata dia.

Aling Nur Naluri dari Salam Rancage yang mensupport kegiatan di Pasar Dongko juga menyatakan bahwa Pasar Dongko awalnya dibuat pada awal 2019 setelah lingkungannya meraih juara kedua Bogor Hejo 2018 dan juara pertama Bogor Bersih 2018.

“Pasar Dongko bisa mengedukasi warga bebas nyampah. Karena olahan makanan jadul (tradisonal) dan hasil kebun dari ibu-ibu yang dijual disini tidak menggunakan kantong plastik atau styrofoam. Disini juga telah membuat sabun yang tidak mencemari sungai,” ucapnya.

Dedie A.Rachim di Pasar Dongko

Aling juga mengapresiasi ketangguhan dan keteguham ibu-ibu dan pengurus RW menjaga Pasar Dongko. Skalanya memang kecil, namun dari unsur nilai bisa mengedukasi.

Ketua RW 02 Kastim Purnama juga menjelaskan Pasar Dongko yang menjual makanan tradisional dan eksis hingga sekarang berkat kekompakan dari semua unsur masyarakat.

“Harapannya memang Pasar Dongko ini bisa saling memberi manfaat dan telah dikunjungi tamu-tamu dari luar Bogor, bahkan ada dari luar negeri karena konsepnya ini,” kata dia.

(YEV)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *